hdgzk0x7qTxz6cQuMKY2zOsh8evusODN9TaVHuYjPu4
Beranda » Artikel Blog » Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Kerinci

Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Kerinci

Diposting pada 6 October 2019 oleh admin | Dilihat: 265 kali | Kategori:

kopi kerinciKopi Kerinci  telah mendapat sertifikat indikasi geografis pada 26 April 2017 dengan nama “Kopi Arabika Sumatera Koerintji” yang diberikan oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Aidir Amin Daud kepada Bupati Kerinci Adi Rozal.

Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Georafis (MPIG) Kerinci, Triyono mengatakan bimbingan dari pemerintah selama ini cukup baik dalam membantu petani kopi, salah satunya dengan memberikan alat produksi kopi seperti pengupas kopi dan lainnya.

Kebun kopi Arabika di Kerinci itu ada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan Gunung Tujuh seluas 629 hektare dengan jumlah petani sebanyak 525 KK

Anggota Perkumpulan petani Kopi Alam Korintji ( Koperasi ALKO ) tersebar di 22 desa yang terhimpun dalam 17 kelompok

Kopi Alam Korintji baru mulai tertata secara bisnis, sejak 2013, karena panen kopi mulai banyak. “Perbaikan dalam tata kelola usaha makin kuat sejak 2016,” kata Suryono. Pencapaian ini tidaklah instan. Baru pada Agustus 2018 ini berhasil dibentuk Koperasi Alko  Alam Kerinci, dengan lima divisi usaha yang masing-masing dipimpin seorang direktur.

Pertama, Alko Sumatra Coffee yang benar-benar menjamin agar kopi-kopi yang dihasilkan petani berkualitas bagus dan memperoleh harga yang baik. Para petani akan menyetor hasilnya ke jaringan yang ada di bawah koperasi, dan mereka sudah dilengkapi dengan Alko Mobile. Aplikasi digunakan sebagai sarana setor informasi terbaru tentang kopi-kopi petani. Tiga hari sekali, jaringan yang dimiliki Koperasi Alko ini melakukan pembaruan data, mulai dari jumlah kopi yang dibeli hingga asal kelompok tani serta lokasi tanam kopi.

Selain untuk sarana komunikasi antar petani anggota dan jaringan usaha dalam Koperasi Alko, Alko Mobile juga informasi tentang sisa hasil usaha, besaran laba bersih (nett profit) yang dibagikan –10-20% keuntungan bersih kembali ke para petani anggota. Yang menarik, aplikasi ini juga memuat harga kopi yang ditawarkan oleh Koperasi. Petani anggota boleh tidak menjual ke Koperasi apabila mereka memperoleh harga yang lebih baik untuk biji kopi (green bean).

 

Taman Nasional Kerinci Seblat telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO, yang berarti kelestarian dari rumah ratusan flora dan fauna beserta dengan ekosistem di taman nasional terbesar di Sumatera ini wajib dilestarikan. Jargon Kopi Kerinci untuk Dunia yang diangkat oleh pemangku kepentingan di Provinsi Jambi bukan sebatas ingin mempromosikan kopi dari daerah tersebut, melainkan memiliki makna jauh lebih dalam: pelestarian di kawasan hutan konservasi, harus memiliki tata kelola yang baik, berdaya tahan dan inklusif, seperti yang sudah berhasil dicapai Kopi Alam Korintji.

Sosialisasi untuk meyakinkan para petani mengelola kopi dengan baik dan benar, tidak cukup. Perlu ada kreativitas agar usaha kopi bisa lestari. Suryono lagi-lagi mencontohkan betapa menantangnya memperkenalkan hal yang baru pada para petani. Ketika urusan petik ceri yang merah dan pengolahan pasca panen kopi sudah selesai, tantangan baru adalah pada membuat para petani menggunakan Alko Mobile, agar bisa melihat harga jual kopi dan informasi berharga lainnya.

“Selama tiga bulan sosialisasi, hanya 14 orang petani yang bisa mengoperasikan aplikasi,” kata Suryono. Akhirnya, pengurus koperasi membuat video tutorial yang diminta untuk dipelajari oleh anak-anak petani. Merekalah yang menjadi operator Alko Mobile, dan tempat bertanya para orang tua bila ingin tahu tentang harga biji kopi dan besaran pembagian sisa hasil usaha. Dalam sebulan, ada 252 pengguna baru aplikasi. “Ya, sekalian sebagai jalan

Bagikan

Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Kerinci | Kopi Kayu Aro

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Layanan

Jalan Melati Indah
Delima Panam, Kec. Tampan, Pekanbaru-Riau

Senin – Sabtu : 08.00 – 17.00
(Ahad Libur)
Live Chat
Reseller : 0822-8158-2297
Ecer       : 0822-8430-2733

Chat via Whatsapp
Abu Yahya
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Abu Yahya
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja