hdgzk0x7qTxz6cQuMKY2zOsh8evusODN9TaVHuYjPu4
Beranda » Artikel Blog » Mengenal Kopi Kerinci, Kopi Terbaik se-Indonesia

Mengenal Kopi Kerinci, Kopi Terbaik se-Indonesia

Diposting pada 6 October 2019 oleh admin | Dilihat: 188 kali | Kategori:

JAMBI (HN) -Kopi asal Kabupaten Kerinci, Jambi, meraih predikat nasional sebagai “Kopi Terbaik se-Indonesia” dalam Festival Kopi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kopi tersebut terus dipopulerkan oleh Kelompok tani Kopi Alam Kerinci (KAK) yang dibina oleh Yayasan Lahar atas dukungan WWF Indonesia.

Kelompok tani tersebut terdiri dari 13 kelompok yang berasal dari Kecamatan Kayo Aro, Kabupaten Kerinci. Setiap anggota meneken pakta integritas untuk tidak membuka lahan kopi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat

Kopi Arabika Kerinci hanya dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 700 hingga 1.200 meter dari permukaan laut (MDPL) di daerah Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Selain meraih predikat kopi terbaik se-Indonesia, Kopi Kerinci dengan cita rasa pahit lezat itu juga telah mendapat sertifikat indikasi geografis pada 26 April 2017 dengan nama “Kopi Arabika Sumatera Koerintji” yang diberikan oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Aidir Amin Daud kepada Bupati Kerinci Adi Rozal.

Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Georafis (MPIG) Kerinci, Triyono mengatakan bimbingan dari pemerintah selama ini cukup baik dalam membantu petani kopi, salah satunya dengan memberikan alat produksi kopi seperti pengupas kopi dan lainnya.

Kebun kopi Arabika di Kerinci itu ada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan Gunung Tujuh seluas 629 hektare dengan jumlah petani sebanyak 525 KK serta mampu produksi rata-rata 1,3 ton per tahun.

“Namun kendala yang dihadapi yaitu modal karena kopi ini dikirim ke luar negeri,” kata Triyono. Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan pihaknya akan membantu peningkatan produksi kopi Kerinci melalui pendanaan.

“Suatu kebanggaan bersama, kopi Kerinci bisa mengalahkan kopi-kopi yang selama ini sudah mempunyai nama besar, ini bisa dikalahkan dengan keunikan rasa dan keistimewaannya,” kata Zola.

Baca Juga : Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Kerinci

 

Menurut dia, Pemprov Jambi siap membantu mengatasi kendala pendanaan yang dihadapi para petani kopi di Kabupaten Kerinci itu.

“Saya sudah kontak Bank Pembangunan Daerah Jambi untuk segera membantu, karena secara penilaiannya ini bisa kami bantu agar produksi kopi Kerinci bisa ditingkatkan karena permintaan dari luar negeri cukup banyak,” katanya.

Zola mengungkapkan, untuk permintaan ekspor saja saat ini per kontainernya mencapai 18-19 ton, sehingga membutuhkan dana yang cukup besar.

Selain itu, Zola mengajak seluruh kabupaten/kota di Jambi agar setiap ada agenda nasional atau provinsi seperti Festival Batanghari, Festival Danau Kerinci, dan Festival Candi Muarojambi, selalu menyediakan tempat untuk minum kopi seperti coffee shop, agar kopi Kerinci dapat dikenal lebih luas lagi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Ariansyah mengatakan Disperindag akan membantu pengembangan hilirisasi kopi Kerinci tersebut.

“Kami akan bantu berupa alat untuk peningkatan penjualan produk berupa hilirisasi produk dengan nilai Rp500 juta, dan dianggarkan pada tahun 2018. Kami akan berupaya membantu pendanaan modalnya juga,” kata Ariansyah.

Sebelumnya Bupati Kerinci Adi Rozal mengatakan Kopi Arabika Kerinci juga beberapa kali meraih juara satu saat mengikuti lomba di Malang dan Surabaya.

“Ada 1.654 hektare lahan Kopi Arabika Kerinci, ternyata memiliki rasa yang khas dan nikmat,” kata Adi Rozal.

Adi mengakui butuh perjuangan mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis untuk Kopi Arabika Kerinci dengan melewati beberapa kriteria, di antaranya memilih biji kopi yang benar-benar masak tanpa tercampur dengan yang masih mentah sehingga menghasilkan rasa yang berbeda dan nikmat.

“Kita tinggalkan cara lama memilih biji kopi dengan mencampurkan mentah dan masak, itu akan mengurangi cita rasa, padahal kualitas kopi kita sudah sangat baik,” ujarnya.

Barter Sukhoi
Imbal Dagang Sukhoi Kopi Arabika Kerinci Provinsi Jambi menjadi salah satu komoditas dari Indonesia yang ikut serta dalam imbal dagang dengan 11 pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia.

Anggota Kelompok Tani Kopi Alam Arabika Kerinci, Suryono membenarkan pihaknya telah dihubungi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) yang menyatakan memilih kopi arabika Kerinci sebagai salah satu produk yang akan dijadikan imbal dagang ke Rusia.

Imbal dagang ini, menurut dia, merupakan dukungan terhadap kelompok tani kopi arabika Kerinci. Suryono bersama 13 kelompok tani lain yang bernaung di bawah organisasi Kopi Alam Kerinci (KAK) semakin bersemangat mengembangkan perkebunan kopi yang organik.

Sebelumnya Pemerintah Indonesia dan Rusia sepakat melakukan imbal beli pengadaan senilai US$ 1,14 miliar dengan barter berbagai komoditas dari Indonesia yang akan diekspor ke Rusia, dan Kopi Kerinci juga ikut andil dalam imbal dagang ini.

 

Reportase : Antara
Editor : Andi Nugroho
sumber: Harnas.co
Bagikan

Mengenal Kopi Kerinci, Kopi Terbaik se-Indonesia | Kopi Kayu Aro

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Layanan

Jalan Melati Indah
Delima Panam, Kec. Tampan, Pekanbaru-Riau

Senin – Sabtu : 08.00 – 17.00
(Ahad Libur)
Live Chat
Reseller : 0822-8158-2297
Ecer       : 0822-8430-2733

Chat via Whatsapp
Abu Yahya
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Abu Yahya
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja